The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Kebonromo

Stasiun Kereta Api Kebonromo (KRO) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Kebonromo, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta yang berada pada ketinggian + 86 m di atas permukaan laut, dan merupakan stasiun kelas III atau kecil. Stasiun ini terletak di Dukuh Peloksepur, Desa Ngarum, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi stasiun ini berada di sebelah barat daya Fastgass Racing Shop ± 200 m, atau berada di perbatasan Desa Bener dan Desa Ngarum.
Bangunan Stasiun Kebonromo ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api dari Madiun-Paron-Sragen-Solobalapan yang dikerjakan oleh perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, Staatsspoorwegen, dari tahun 1883 dan selesai pada tahun 1884. Jalur sepanjang 97 kilometer ini, pengerjaannya dimulai dari Madiun di sebelah timur menuju ke Solobalapan di sebelah barat.
Stasiun ini memiliki 3 jalur dengan jalur 2 sebagai sepur lurus, menuju ke Stasiun Sragen ke arah selatan dan menuju ke Stasiun Kedungbanteng ke arah utara. Jalur 1 dan 3 digunakan untuk berhenti kereta api manakala terjadi persusulan antarkereta api.
Kini, Stasiun Kebonromo terlihat sepi lantaran sudah tidak ada aktivitas untuk menaikkan maupun menurunkan penumpang lagi. Stasiun ini hanya melayani untuk persilangan dan persusulan antarkereta api saja. *** [180617]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami