The Story of Indonesian Heritage

Bendungan Pasar Baru Tangerang

Bendungan Pasar Baru terletak di Jalan K.S. Tubun, Kelurahan Koang Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Letak geografis bendungan berada di 106° 37’ 42.2" BT dan 06°09’ 34.6" LS.
Bendungan Pasar Baru dibangun pada tahun 1927 dan selesai serta diresmikan tahun 1930. Keperluan dibangunnya bendungan untuk mengairi areal persawahan seluas 40.663 hektar. Bendungan ini awalnya bernama Bendungan Sangego, kemudian berubah menjadi Bendungan Pintu Sepuluh atau Bendungan Pasar Baru. Perubahan pada bendungan ini tidak terlalu banyak karena terlihat dari peralatan dan mesin yang digunakan sudah tua.


Fungsi bangunan sebagai bendungan, maka inti bangunan adalah untuk mengatur  aliran air di sungai Cisadane. Bangunannya terdapat 10 pintu air dari besi dan 11 tiang penopangnya. Konstruksi terbuat dari beton bertulang. Pada sisi utara dan selatan bangunan terdapat rel lori yang digunakan untuk mendistribusikan pintu air pengganti jika ada pintu air yang rusak.


Bendungan memanjang dari timur ke barat dengan panjang 125 m dengan rincian 10 jumlah pintu air, lebar pintu 10 m, 3 intake, 2 pintu penguras lumpur, tinggi pintu bawah 5 m, tinggi pintu atas 3 m, dan berat pintu masing-masing 25 ton. Bangunannya memiliki dua tingkat. Penghubung ke lantai atas menggunakan tegel berwarna abu-abu, bercorak kotak-kotak dan berukuran 20 x 20 cm. Pada lantai dua terdapat 5 ruang yang berisi penggerak pintu air. Alat-alat yang digunakan pada bendungan ini sudah cukup mengkhawatirkan sehingga perlu dilakukan perbaikan.
Sebelah barat bendungan terdapat bangunan berdenah persegi, pintu berupa rolling door dari besi. Bangunan tersebut digunakan untuk menyimpan lori dan sebaga gudang. Lori digunakan untuk membawa pintu air pengganti dan gudang. Keadaan bangunan tersebut dalam keadaan cukup terawatt dan lori masih bisa digunakan hingga sekarang. *** [200612]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami