The Story of Indonesian Heritage

Stasiun Kereta Api Bagor

Stasiun Kereta Api Bagor (BGR) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Bagor, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun yang berada pada ketinggian + 58 m di atas permukaan laut. Stasiun Bagor terletak di Jalan Raya Madiun-Nganjuk, Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada di sebelah tenggara Kantor Kepala Desa Paron, dan berjarak sekitar 550 m dari Kantor Kecamatan Bagor.


Bangunan Stasiun Bagor ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Pembangunan stasiun ini bersamaan dengan pembangunan jalur rel kereta api Kertosono-Nganjuk-Madiun. Pembangunan jalur tersebut dimulai pada tahun 1881 dan selesai pada tahun 1882 oleh Staatsspoorwegen, perusahaan kereta api milik pemerintah di Hindia Belanda, sepanjang 69 kilometer yang merupakan bagian dari proyek Oosterlijnen (lintas timur).
Stasiun ini memiliki 2 jalur dengan jalur 1 sebagai sepur lurus arah barat daya menuju Stasiun Wilangan dan arah timur menuju Stasiun Nganjuk. Jalur 2 digunakan sebagai jalur persilangan atau persusulan dengan kereta yang lain yang akan melintas stasiun ini. Selain itu masih ada satu jalur tambahan sebagai sepur badug atau jalur buntu yang terletak di sebelah bangunan stasiun.
Stasiun Bagor merupakan stasiun kelas III atau stasiun kecil. Stasiun ini tidak melayani aktivitas menaikkan maupun menurunkan penumpang kereta api, melainkan hanya berfungsi sebagai tempat persilangan dan persusulan antarkereta api saja. *** [130617]
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terpopuler

Mutiara Kekunaan

Diberdayakan oleh Blogger.

Label

Blog Archive

Label

Statistik Blog

Sahabat Kekunaan

Hubungi Kami