Jumat, 10 Juli 2015

Stasiun Kereta Api Geneng

Stasiun Kereta Api Geneng (GG) atau yang selanjutnya disebut dengan Stasiun Geneng, merupakan salah satu stasiun kereta api yang berada di bawah manajemen  PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun yang berada pada ketinggian + 53 m di atas permukaan lain, dan merupakan stasiun kereta api yang berada di daerah paling selatan Kabupaten Ngawi.
Stasiun Geneng terletak di Jalan PG Soedhono, Desa Tepas, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Lokasi stasiun ini berada dekat dengan Pabrik Gula (PG) Soedhono.


Bangunan stasiun Geneng ini merupakan bangunan peninggalan masa Hindia Belanda. Diperkirakan stasiun ini dibangun setelah jalur rel kereta apinya terpasang. Jalur kereta api yang melintas di stasiun Geneng ini merupakan jaringan rel kereta api yang menghubungkan Madiun – Paron – Sragen yang dikerjakan oleh Perusahaan Kereta Api milik Pemerintah, Staatsspoorwegen, dari tahun 1883 dan selesai pada tahun 1884.
Stasiun ini memiliki 3 jalur dengan 1 jalur sebagai sepur lurus, yang digunakan sebagai stasiun untuk simpangan kereta api. Awal berdirinya stasiun ini sangat memiliki arti untuk mengangkut komoditas gula dari PG Soedhono menuju ke daerah lain.
Mengenai bentuk bangunan stasiun ini dikatakan hampir sama dengan bentuk bangunan stasiun yang memiliki tipe yang sama. Bangunan stasiun Geneng tidaklah begitu besar, hanya berukuran 125,9 m², dan telah ditetapkan sebagai aset PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan nomor register 001/7.63271/GG/BD.
Kendati, pada saat ini stasiun ini berfungsi untuk stasiun simpangan antar kereta api, namun ke depannya seiring dengan makin banyaknya commuter line yang melaju dari Madiun ke Solo dan sebaliknya, stasiun ini akan memiliki peran yang baik sebagai stasiun penyangga untuk menurunkan/menaikkan penumpang jarak dekat di Kabupaten Ngawi. *** [040715]

0 komentar:

Posting Komentar